Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Penasehat : Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., MA

Dirut : Iswahyudi

Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH, Nasiri, SH., MH, Ady Prayitno SH. M,kn.Musliadi SH.MH., Kiki Mintoroso SH.MH.

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH, Ahmad Zahni
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ika Agustina
Tim Liputan :

Magetan : Ika, Satria Madiun : Ika Saris P Maryono, BormantoPonorogo : Nano Sujarno, Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan, Ngawi : Ika Bormanto, Heritno S, Kediri raya : Ichwan Effendi, Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois. Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang. Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung. Demak : Abdul Rokhim, Suryantono. Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin. Semarang : Alimun. Kendal : Suroto Anto S. Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH. Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo. Padang Lawas : Bonardon Nasution. Rokan Hulu : Eko Sahputra. Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto, Jabodetabek : Saefudin Nasional :PPWI Media Group








Produksi Siaran Terdampak Corona, KPID Jatim Kolaborasi Siapkan Program Ngabuburit Online

by : On April 22, 2020

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI

Surabaya, Pewarta - Industri lembaga penyiaran televisi dan radio merupakan sektor yang terdampak penyebaran virus corona. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur mendapat temuan bahwa lembaga penyiaran televisi dan radio di Jawa Timur mengalami situasi yang sulit. Selain karena batalnya sejumlah kontrak iklan dan sumber pemasukan lainnya, mereka juga harus menerapkan kebijakan bekerja dari rumah dan adanya pembatasan akses jalan ke kantor atau studio.

Ketua KPID Jatim Ahmad Afif Amrullah mengatakan, kondisi itu tentu berimbas pada kelangsungan produksi siaran bagi sejumlah lembaga penyiaran. “Sementara menurut ketentuan undang-undang dan pertaruan lainnya, lembaga penyiaran yang sudah mendapatkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) diwajibkan untuk terus bersiaran menggunakan frekuensi radio sesuai dengan kanal masing-masing,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Afif, KPID Jatim berupaya menyiapkan beberapa kebijakan untuk membantu mengatasi situasi sulit yang dihadapi lembaga penyiaran. “Salah satunya, kami bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya untuk memproduksi program siaran Ramadhan yang bisa dipancarluaskan atau direlai oleh TV dan radio di Jatim,” ungkap Dosen Universitas Sunan Giri Surabaya ini.

Afif menambahkan, program tersebut bertajuk “Ngabuburit Ramadhan Online”. Setiap hari selama Ramadhan, tim kreatif dari Masjid Al-Akbar Surabaya dan pihak terkait akan memproduksi siaran pada pukul 15.30-18.00 WIB di studio khusus kemudian disiarkan secara langsung melalui akun youtube masjid dan akun Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. Program acara dimulai dengan pembacaan 30 juz al-Quran secara berjamaah menggunakan aplikasi zoom, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video shalawat dari jamaah lantas dilengkapi dengan dialog interaktif bersama narasumber atau ustadz.

Afif juga menjamin produksi akan dikemas secara menarik dan berkualitas oleh tenaga profesional sesuai standar tayangan televisi pada umumnya. Sejumlah narasumber yang sudah terkonfirmasi antara lain para guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya seperti Prof Dr M ali Aziz, Prof Dr M Roem Rowi, Prof Dr Ridwan Nasir, Prof Dr Masdar Hilmy, dan beberapa narasumber lainnya.

“KPID Jatim sudah mengedarkan informasi program ini kepada sekitar 400 TV dan radio di Jatim. Sampai hari ini sudah terdaftar enam televisi dan 14 radio yang siap relai,” jelas Afif.

Selain kebijakan tersebut, tutur Afif, KPID Jatim juga telah melakukan beberapa kebijakan lain. Di antaranya dengan tetap memberikan layanan perizinan online melalui aplikasi, mengkoordinasi pengajuan keringanan pembayaran biaya penyelenggaraan penyiaran ke Kementerian Kominfo RI dan mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 melalui siaran iklan layanan masyarakat ke seluruh TV dan radio se-Jatim.

Di sisi Lain, KPID Jatim juga telah ikut berpartisipasi menyukseskan Istighotsah Kubro Online bersama Gubernur dan Forkopimda Provinsi Jatim pada Rabu (8/4) lalu. KPID Jatim mengkoordinasi 15 televisi lokal dan puluhan radio untuk melakukan siaran langsung serentak.

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »