Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Penasehat : Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., MA

Dirut : Iswahyudi

Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH, Nasiri, SH., MH, Ady Prayitno SH. M,kn.Musliadi SH.MH., Kiki Mintoroso SH.MH.

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH, Ahmad Zahni
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ika Agustina
Tim Liputan :

Magetan : Ika, Satria Madiun : Ika Saris P Maryono, BormantoPonorogo : Nano Sujarno, Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan, Ngawi : Ika Bormanto, Heritno S, Kediri raya : Ichwan Effendi, Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois. Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang. Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung. Demak : Abdul Rokhim, Suryantono. Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin. Semarang : Alimun. Kendal : Suroto Anto S. Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH. Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo. Padang Lawas : Bonardon Nasution. Rokan Hulu : Eko Sahputra. Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto, Jabodetabek : Saefudin Nasional :PPWI Media Group








Tak Serius Tangani Dugaan Pelanggaran Tahapan Pilkada, Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan (APDP)

by : On April 07, 2020

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI


Pewarta, Pacitan - Aliansi Pengawal Demokrasi Pacitan (APDP), kemarin Senin (6/4/2020), datangi kantor Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pacitan, Jawa Timur untuk minta kejelasan perihal temuan dugaan pelanggaran selama proses tahapan Pilkada 2020.

Sebab menurut Ketua Aliansi, Tonis, ada keganjalan dalam proses tersebut salah satunya sempat terjadi pelanggaran yang menggegerkan media masa namun tak lama kemudian hilang begitu saja. Tanpa ada kejelasan ke Publik.

Selain itu menurutnya peran serta masyarakat merupakan ujung tombak dari sebuah demokrasi. Maka sudah seharusnya peran aktif masyarakat untuk mengawal berjalannya demokrasi yang ada, dengan harapan dapat berjalan yang berkualitas tentunya sesuai Undang-Undang.

"Saya sangat mengapresiasi upaya yang selama ini telah Bawaslu Kabupaten Pacitan, sigapnya menangani beberapa temuan pelanggaran. Namun, sangat disayangkan ada banyak temuan pelanggaran yang menguap begitu saja tanpa ada penjelasan ke publik. Padahal, Bawaslu wajib memberikan jaminan kepada publik untuk mendapatkan informasi sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 2 dan 3 UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik". Kata, Muhamad Tonis Dzikrullah.


Aliansi tersebut terdiri dari berbagai Organisasi Kepemudaan Se-Kabupaten Pacitan, mulai dari GMNI, HMI, PMII, IMM tingkat Cabang di Pacitan.

Sementara, Sekretaris Aliansi APDP, Syahri juga mengatakan bahwa, selama ini pihak Bawaslu Pacitan kurang serius dalam menindak temuan pelanggaran. Dia mencontohkan sempat mencuat dugaan pelanggaran netralitas ASN hingga saat ini kabar tersebut sirna.

"Banyak temuan dugaan pelanggaran yang tidak jelas unjungnya, merupakan ketidak seriusan Bawaslu dalam menangani temuan pelanggaran. Temuan dugaan Pelanggaran disiplin dan netralitas ASN yang dulu sempat menghebohkan, nyatanya sekarang juga tidak ada kabarnya lagi". Ucap syahri yang merupakan Ketua PMII Pacitan

Audiensi berjalan dengan alot, tujuan daripada audiensi kali ini merupakan keterbukaan informasi mengenai hasil-hasil penanganan dugaan pelanggaran selama tahapan Pilkada 2020. Muhamad tonis juga mendesak untuk memberikan salinan data atau hasil kajian dugaan pelanggaran.

"Dengan merujuk pada beberapa undang-undang yang ada terkait keterbukaan informasi publik. kami meminta Bawaslu Pacitan memberikan salinan dokumen hasil kajian dugaan pelanggaran, namun kami di bantah dengan Putusan Bawaslu yang menjelaskan bahwa ada beberapa informasi yang memang tidak bisa di jadikan konsumsi publik,"imbuh, Tonis, juga Pengurus GMNI Cabang Pacitan.

Mendengar bantahan tersebut, Muhamad Tonis berkesimpulan bahwa BAWASLU Pacitan tidak paham dengan hierarki Hukum, dan dirinya bersama anggota Aliansi yang lain tak akan berhenti satu kali ini saja. Berbagai upaya akan di lakukan untuk mengawal aspirasi yang disampaikan.(rj)

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »