Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Penasehat : Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., MA

Dirut : Iswahyudi

Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH, Nasiri, SH., MH, Ady Prayitno SH. M,kn.Musliadi SH.MH., Kiki Mintoroso SH.MH.

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH, Ahmad Zahni
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ika Agustina
Tim Liputan :

Magetan : Ika, Satria Madiun : Ika Saris P Maryono, BormantoPonorogo : Nano Sujarno, Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan, Ngawi : Ika Bormanto, Heritno S, Kediri raya : Ichwan Effendi, Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois. Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang. Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung. Demak : Abdul Rokhim, Suryantono. Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin. Semarang : Alimun. Kendal : Suroto Anto S. Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH. Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo. Padang Lawas : Bonardon Nasution. Rokan Hulu : Eko Sahputra. Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto, Jabodetabek : Saefudin Nasional :PPWI Media Group








Atraksi Ratusan Seniman Jaranan Thek di Ponorogo, Lisdyarita Dikukuhkan Sebagai Biyung

by : On Januari 19, 2020

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI

Ketua ISJTP Yuli Romawati (tengah) saat melakukan ritual.
Ponorogo, Pewarta - Ragam budaya di Ponorogo selain Reyog memang sangat banyak, dan semua budaya tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah Jaranan Thek, dengan ciri pemainnya sering mengalami kesurupan karena memang masih kental dengan aroma mistis.

Kali ini, dalam rangka melestarikan seni budaya tersebut ratusan seniman Jaranan Thek yang tergabung dalam wadah Ikatan Seni Jaranan Thek Ponorogo (ISJTP) menggelar pertunjukan massal di Monumen Bantarangin, Somoroto, Ponorogo, Minggu (19/1).

Yuli Romawati, Ketua ISJTP menjelaskan bahwa kegiatan yang bersamaan dengan Harlah ISJTP ke-4 ini menampilkan 250 seniman Jaranan Thek yang sebagian besar merupakan seniman muda Ponorogo.

"Ada 250 seniman yang tampil dan ini sebagai bentuk komitmen kami untuk terus mengembangkan seni Jaranan Thek di Ponorogo," jelas Yuli.
Ratusan seniman Jaranan Thek saat tampil dalam Harlah ISJTP ke-4.

Menurutnya, kesenian ini butuh dukungan semua pihak terutama pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata Ponorogo. Karena seni Jaranan Thek jika mampu berkembang lebih baik lagi nantinya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Ponorogo.

"Kami butuh dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah, agar kami bisa terus melestarikan kesenian ini untuk bisa tampil di tingkat Nasional bahkan Internasional," imbuhnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan terhadap Lisdyarita selaku pemerhati seni sebagai Biyung Jaranan Thek dengan harapan nantinya mampu membawa kesenian ini lebih berkembang lagi.

Terpisah, Lisdyarita saat dihubungi via telepon seluler mengaku sangat berterima kasih meski awalnya sempat kaget dengan pengukuhan kepada dirinya tersebut.

"Saat ini saya ada kepentingan di Jakarta, sempat kaget juga namun kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman seniman Jaranan Thek Ponorogo, ini amanah dan saya siap mendampingi para seniman untuk melestarikan kesenian ini," ujar Bunda Rita, sapaan akrabnya.

Rita bertekad akan terus membantu kebudayaan ini, karena Jaranan Thek selama ini masih dipandang sebelah mata, maka dari itu dirinya ingin Jaranan Thek ini bagaimana bisa menampilkan inovasi dan kreatif lagi agar bisa lebih menarik dan maju, sehingga nantinya tidak dipandang sebelah mata lagi.

"Harapan kami, kesenian ini bisa lebih terangkat lagi, semakin inovatif, dan berkembang di Ponorogo. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum muda milenial dan bagi wisatawan untuk datang ke Ponorogo," pungkasnya. (ns)

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »