Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Penasehat : Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., MA

Dirut : Iswahyudi

Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH, Nasiri, SH., MH, Ady Prayitno SH. M,kn.Musliadi SH.MH., Kiki Mintoroso SH.MH.

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH, Ahmad Zahni
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ika Agustina
Tim Liputan :

Magetan : Ika, Satria Madiun : Ika Saris P Maryono, BormantoPonorogo : Nano Sujarno, Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan, Ngawi : Ika Bormanto, Heritno S, Kediri raya : Ichwan Effendi, Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois. Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang. Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung. Demak : Abdul Rokhim, Suryantono. Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin. Semarang : Alimun. Kendal : Suroto Anto S. Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH. Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo. Padang Lawas : Bonardon Nasution. Rokan Hulu : Eko Sahputra. Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto, Jabodetabek : Saefudin Nasional :PPWI Media Group








Akhmad Ikhsan Berharap Masyarakat Pacitan Bisa Mengelola Limbah Sampah Organik

by : On Januari 07, 2020

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI

Pewarta, Pacitan - Masih banyaknya masyarakat yang belum menyadari pengunaan limbah sampah organik, yang dihasilkan dari pembuangan sampah keluarga. Padahal salah satu hidup sehat merupakan lingkungan yang bersih dari kotoran, sehingga tidak memicu munculnya penyakit terjadi apa lagi dimusim kini memasuki musim hujan.

Perlu adanya penyadaran bersama salah satunya mngelola sampah menjadi barang yang bermanfaat, salah satunya dijadikan pakan ternak. Dengan latar belakang demikian, Puskesmas Bubakan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Gasang, Kecamatan Tulakan, Pacitan, Jawa Timur melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM), mengelar pelatihan pembuatan pakan ternak dengan limbah sampah organik, melalui metode fermentasi. 

Dengan menghadirkan H. Akhmad Ikhsan, tokoh masyarakat pegiat pemberdayaan yang sukses dalam merealisasikan teorinya mengelola sampah menjadi pakan ternak dan disambungkan dengan penanaman pohon pisang berintegrasi dengan peternakandi Pacitan. Pelatihan ini diikuti puluhan warga.

Sri Hariyanti (41), Bidang Sanitasi Pukesmas Bubakan, mengatakan dengan digelarnya pelatihan tersebut dapat mengubah kebiasaan yang tidak baik dalam hal pembuangan sampah. Serta membantu masyarakat sebagai solusi pakan ternak yang bagus, sebab selama ini pihak Puskesmas dalam menerapkan lima pilar kepada masyarakat paling sulit yakni pengelolaan sampah.

"Harapan kami ini bisa diterapkan masyarakat, karena selama ini dalam melaksanakan lima pilar STBM dari lima pilar itu kami kesulitan di pengelolaan sampahnya. biasannya masyarakat desa mempunyai pekarangan yang luas menurut mereka membuang sampah belum menjadi permasalahan,"katanya usai pelatihan di Kantor Desa Gasang, Selasa (7/1/2020).

Akhmad Ikhsan berharap " masyarakat bisa mengolah limbah sampah organik dari limbah-limbah rumah tangga untuk dijadikan pakan ternak dengan fermentasi, selain sehat juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Yang ke dua berharap bisa berintegrasi dengan perkebunan, sehingga daunnya dan pohonnya bisa untuk makan pakan ternak."harapnya usai memberikan pelatihan di balai Desa Gasang.

Sementara Setiadji, Kepala Desa Gasang, mengucapkan terimakasihnya kepada Akhmad Ikhsan, yang telah menyempatkan waktunya memberikan pelatihan di desanya. Sebab mayoritas masyarakatnya para peternak dan sangat bermanfaat, dari pada sampah selama ini hanya dibuang.

"Sangat berterimakasih, apalagi dengan pengelolaan sampah organik, karena apa? masyarakat saya 80 persen adalah peternak. Itu lebih bermanfaat dari pada hanya dibuang, saya mewakili pemerintah desa sangat berterimaksih kedepan saya akan memprogramkan. Berharap masyarakat dapat mempraktekkan sesuai kemampuannya,"katanya.(Rojihan)

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »