Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Penasehat : Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., MA

Dirut : Iswahyudi

Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH, Nasiri, SH., MH, Ady Prayitno SH. M,kn.Musliadi SH.MH., Kiki Mintoroso SH.MH.

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH, Ahmad Zahni
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ika Agustina
Tim Liputan :

Magetan : Ika, Satria Madiun : Ika Saris P Maryono, BormantoPonorogo : Nano Sujarno, Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan, Ngawi : Ika Bormanto, Heritno S, Kediri raya : Ichwan Effendi, Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois. Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang. Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung. Demak : Abdul Rokhim, Suryantono. Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin. Semarang : Alimun. Kendal : Suroto Anto S. Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH. Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo. Padang Lawas : Bonardon Nasution. Rokan Hulu : Eko Sahputra. Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto, Jabodetabek : Saefudin Nasional :PPWI Media Group








Pembukaan LKS Wilker IV Jatim Diwarnai Tampilan Kesenian

by : On Desember 17, 2019

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI

Atraksi pencak silat dan Reog Ponorogo menambah meriahnya pembukaan LKS Wilker IV Jatim 

Pewarta, Madiun – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) wilayah kerja IV Jawa Timur resmi dimulai. Upacara pembukaan digelar di SMKN 3 Madiun, Selasa (17/12/2019).

Acara pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai tampilan kesenian dari siswa-siswi SMK seperti tari-tarian, olah vokal, pencak silat, serta reog Ponorogo.

Dihadiri Kabid SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Suhartono, Kacabdin Wilayah Madiun dan Ponorogo Supardi, Kacabdin Jombang dan Nganjuk serta MKKS SMK Negeri dan swasta se-Wilker IV Jawa Timur.
Ketua Panitia Eko Suprayitno mengatakan, LKS digelar mulai 17-20 Desember 2019 di 3 tempat yakni Kota Madiun, Ponorogo dan Magetan. Mempertandingkan 32 bidang perlombaan. Diikuti oleh 865 peserta dari 102 SMK negeri dan swasta se-Wilker IV Jawa Timur.

"Waktu LKS Nasional di Jogjakarta, wilker 4 sumbang 4 emas dari 7 emas yang diraih kontingen Provinsi Jatim," kata Eko.

Kabid SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Suhartono mengatakan LKS merupakan kegiatan seleksi mencari wakil dari Wilker untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Dimana tiap satu bidang lomba dipilih 5 terbaik yang akan ditandingkan di level provinsi. Setelah itu, tingkat nasional dan berlanjut ke level internasional.
Suhartono menjelaskan, saat ini SMK negeri di Jatim berjumlah 296 sekolah. Sedangkan SMK swasta sebanyak 1087 sekolah. Hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi SMK untuk mencetak generasi yang unggul dan siap kerja.

Menurut Suhartono, saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) dan semangat inovasi bagus tetapi peralatan perlu ada pembenahan dan peningkatan di sektor sarana dan prasarana.

"SDM memang perlu derevitalisasi tapi saat ini untuk menuju era industri 4.0, saya yakin kita sudah siap menuju kesana," ujarnya.

Dia menambahkan, semakin guru atau pembimbing memiliki kompetensi keahlian, kreativitas dan inovasi yang tinggi maka anak-anak binaannya akan berprestasi apabila didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Sementara, Kacabdin Wilayah Madiun dan Ponorogo, Supardi menambahkan 4 program merdeka belajar harus disambut dengan gembira. Karena itu memberi peluang yang luas untuk berinovasi dan mengembangkan diri.

"Kita harus optimis pendidikan Indonesia akan semakin berkembang. Kalau negara ingin berkembang, maka kembangkanlah pendidikan vokasi yang ada di SMK," katanya.

Supardi menambahkan, selain sarpras, tantangan terberat SMK saat ini terletak pada masalah karakter anak didik. Menurutnya, prestasi, ketrampilan, knowledge, dan skill anak didik SMK sudah sangat bagus. Sehingga yang perlu dibina dan dipupuk adalah karakter.

"Itu sudah dilakukan di wilker 4. Salah satu implementasinya yakni siswa diberikan nilai-nilai karakter, bahwa di dalam memilih sesuatu harus cermat dan hati-hati. Selain itu juga ditanamkan sikap disiplin dan kejujuran. Dan yang tidak kalah penting, istiqomah. Ketika sudah memilih satu pilihan harus dilaksanakan secara berani dan bertanggungjawab," jelasnya.

Terkait LKS, cabang dinas pendidikan Madiun ingin memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Dengan harapan wilker 4 bisa mewakili Jawa Timur di tingkat nasional  dan mampu berprestasi lebih baik lagi. (ant/red)

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »