Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ajeng, Agustina
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto, Maryono
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Umar S
Sby/ Bangkalan : Eko S
Sampang : Agus Winarno

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Desa Dadapan Raih Penghargaan Desa Wisata Nusantara

by : On Desember 11, 2019

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI


Pewarta, Pacitan - Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku berhasil meraih penghargaan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) RI. Penganugerahan tersebut dilakukan dalam uapaya memajukan sektor pariwisata di desa-desa.

Menurut informasi dari Humas Pemkab Pacitan, dalam kompetisi tersebut, Desa Dadapan yang memiliki obyek wisata Sentono Genthong berhasil meraih juara harapan 2 dalam kategori berkembang.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kemendes PDTT kepada Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta pada Selasa (10/12/2019).

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Taufik Madjid dalam sambutannya mengatakan sektor pariwisata merupakan satu entitas yang penting untuk kemajuan ekonomi di desa, yang menjadikan desa menjadi basis tulang punggung ekonomi di masa akan datang.

“Ini adalah satu upaya untuk terus mamajukan sektor pariwisata di desa-desa sebagai satu entitas yang penting untuk kemajuan ekonomi, itu orientasi pertama. Yang kedua kita ingin memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah baik kabupaten/kota, dan khususnya pemerintah desa berkomitmen untuk memajukan desanya terutama mengembangkan desa-desa wisata,”kata Taufik.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa mulai tahun 2019 mengadakan Lomba Desa Wisata Nusantara dengan pengumuman lomba melalui website www.ditjenppmd.kemendesa.go.id.

Hasilnya, didapat dari 350 yang mendaftar, kemudian diverifikasi 158 desa yang mendaftar lomba dan melengkapi berbagai persyaratan melalui dalam jaringan (daring), baik rekomendasi dari Dinas di Kabupaten, link video youtube, instagram, storytelling, dan paket wisata.

Selanjutnya dari 158 desa yang mengirimkan persyaratan lomba diperoleh 28 desa yang layak untuk proses verifikasi.  Dari hasil verifikasi diperoleh 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Maju dan 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Berkembang.

Terdapat 6 pemenang untuk Desa Wisata Kategori Maju dan 6 pemenang Desa Wisata Kategori Berkembang. Seluruh nominasi 10 besar Desa Wisata Kategori Maju dan 10 Kategori Berkembang juga mendapatkan hadiah berupa Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendukung Desa Wisata pada Tahun 2020.
Selama ini, Desa Dadapan merupakan salah satu desa wisata di Pacitan. Ada beberapa potensi wisata unggulan di Desa Dadapan, diantaranya adalah Beiji ParkSentono Genthong dan Monumen Tumpak Rinjing.

Beiji Park sendiri adalah salah satu kawasan wisata alam, lengakap dengan berbagai wahananya yang terletak  di Dusun Beji, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Beiji Park yang terletak di tepi jalur utama Pacitan-Solo yang berada di kawasan perhutani ini menyuguhkan pemandangan yang cocok untuk para traveler pecinta selfie sehingga sengaja dikembangkan jadi obyek wisata.

Sementara, Sentono Genthong adalah bukit pandang yang indah di Pacitan berupa bukit jurang kars, dan jika berada di kawasan tersebut, akan menikmati sejuta pesona karena akan melihat di sepanjang sudut mata, Kota Pacitan terlihat jelas tanpa penghalang, teluk Pacitan dengan latar belakang kawasan Gunung Lima yang menjadi titik terindah di kawasan ini.

Selain dua tempat wisata tersebut, ada satu lagi yakni Monumen Tumpak Rinjing terletak di Dusun Gesingan, Desa Dadapan, kecamatan Pringkuku, dimana monument ini menjadi saksi bisu pertemuan Jenderal Soedirman dan Brigjen Ignatius Slamet Riyadi.(red)

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »