Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ajeng, Agustina
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto, Maryono
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Umar S
Sby/ Bangkalan : Eko S
Sampang : Agus Winarno

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




AGRO TECHNO PARK NGRAMBE KAB NGAWI

by : On Desember 11, 2019

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI


Dalam rangka mewujudkan Agro Techno Park dan Program Study di luas kampus utama (PSDKU)yang pada saat ini dicanangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Bpk. Mohamad Nasir) Kabupaten ngawi membangun Agro Techno Park (ATP) di daerah kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi yang memanfaatkan kawasan BBPT yang didirikan untuk kemudaian dikembangkan menjadi kewasan terpadu. Keberadaan ATP diharapkan mampu menerapkan Agroteknologi, sebagai percontohan pertanian terpadu, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang Agribisnis dan Agroindustri dan berkembang lagi menjadi Agrowisata dikabupaten Ngawi, Jawa Timur.



Agro Techno Park (ATP) sendiri merupakan suatu kawasan khusus berbasis teknologi Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Pangan, yang dibangun untuk memfasilitasi perceptan alih teknologi pertanian yang dihasilkan oleh instansi peneliti dan pengembangan pemerintah, pendidikan tinggi dan sebagai model pertanian terpadu.



Pada tahun 2016, pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi melalui Badan Perencana dan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyusun Masterpland Agro Techno Park Ngrambe Kab. Ngawi dan sebagian diantaranya telah diimplementasikan dalam bentuk bangunan fisik diantaranya Gedung pertemuan dan ruang kelas, Asrama ATP, Gapura Masuk ATP, Kafe, Rumah pohon dan fasilitas lain sebagai pendukungnya. Pada tahun 2018 pengembangan kawasan ATP Ngrambe dilanjutkan dan diperlukan perencanaan atau masterplan baru yang disesuaikan dengan kondisi eksisting, rencana jangka pendek, menengah dan panjang dari pengelolaan ATP, sehingga direview kembali Menjadi Masterpland AGRO TECHNO PARK yg dimaksudkan untuk mengevaluasi perencanaan kawasan ATP yg telah dibuat sebelumnya serta memberikan acuan detail terbaru bagi pengembangan ATP di Ngrambe.


Dari hasil Review Masterpland Agro Techno Park yg selesai dikerjakan selanjutnya diimpementasikan menjadi kegiatan pendukung dari proses pembangunan ATP secara berkelanjutan dan terpadu. Adapun implementasi pelaksanan pembangunan ATP ditahun 2019 diantaranya adalah Pembangunan kandang ternak sapi, Kambing dan kelinci sebagai sarana pendukung fasilitas pengembangan ATP disektor perternakan, instalasi biogas, tempat demo ternak, Kolam ikan, Greend Haouse, Rumah Produksi, Jembatan dan Gapura/gerbang masuk, jalan keliling yg menghubungkan antar bangunan serta fasilitas pembangunan pendukung lainnya sebagai kelengkapan ATP ngrambe kab. Ngawi.



Kemudian untuk pengembangan kawasan hortikultura juga telah ditanam beberapa tanaman hortikultura buah untuk pengembangan buah dilokasi kebuan buah diantaranya buah Rambutan , Klengkeng, Jambu merah, Durian dan Tanaman Kakao yg nantinya selain akan menghasilkan buah yg unggul dapat dijadikan pohon induk untuk pengembangan tanaman buah yg memmiliki keunggulan yang dapat dikembangkan di wilayah sekitar ngrambe di kabupaten Ngawi.




PRINSIP-PRINSI PENGEMBANGAN AGRO TECHNO PARK

1. Pembangunan ATP berpatokan pada prinsip keterpaduan, pendekatan bisnis, keberlanjutan, pemanfaatan Iptek dan pemberdayaan masyarakat.
2. Pembangunan ATP dapat menjadikan daerah  sebagai tujuan wisata utama Agro –Edu –Wisata.
3. Melalui Penerapan Agroteknologi terpadu diharapkan dapat meningkatkan kualitas sember daya manusia yang terampil, handal dan mandiri sehingga kawasan Agro Tecgno Park dapat menjadi contoh penerapan teknologi pertanian, peternakan, perikanan dan pasca panen ( Pangan )secara terpadu dari hulu sampai hilir dalam skala besar tanpa limbah.
4. Peluang ekonomi yang bisa dikembangkan dalam Agro Techno Park adalah system Multiple Croping antara panen harian seperti unggas, sapi perah, panen musiman seperti jagung, padi panen bulanan seperti ikan dan panen tahunan seperti tanaman buah, sapid an olahan pangan lainnya. Pola ini sangat baik untuk dikembangkan di masyarakat sehingga petani bisa mendapatkan keuntunan dan meningkatkan tarap perekonomiannya serta mampu meningkatkan tarap hidup masyarakat yang lebih meningkat. adv.jat


SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »