Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ajeng, Agustina
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto, Maryono
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Umar S
Sby/ Bangkalan : Eko S
Sampang : Agus Winarno

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Menyembuhkan Segala Penyakit Menggunakan Terapi Gen. Apa saja dampaknya?

by : On November 06, 2019

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI

Amilla Puspaduhita

Banyak orang yang mengalami penyakit yang disebabka noleh keturunan, diantaranya butawarna, hemofilia, dan ketulian yang disebabkan oleh keturunan. Ataupun penyakit yang disebabkan oleh lingkungan maupun gaya hidup yang tidak sehat, seperti kanker, diabetes, dan kolesterol. Apakah terdapat suatu cara untuk menyembuhkan segala penyakit tersebut?

Salah satu cara yang sedangdiajukan oleh ilmuwan-ilmuwan saat ini adalah terapi gen. Apa itu terapi gen?

Seperti yang dilansir oleh Harvard Stem Cell Institute, bahwa cara kerja dari terapi gen berbeda jauh dari cara kerja penyembuhan tradisional menggunakan obat. Cara kerja dari penggunaan obat adalah molekul-molekul obat akan bekerja untuk mengikat suatu protein pengganggu dan menghancurkannya, sedangkan terapi gen bekerja dengan mengganti suatu urutan gen yang bermasalah dengan suatu urutan gen baru yang sehat. Gen baru yang sehat tersebut akan disuntikkan kedalam sel pasien agar sel yang dituju dapat dipicu untuk membuat protein yang benar. Dengancara yang sama, suatu gen dapatdihapusdaritubuh. Terapi gen hanya membutuhkan sekali suntikan untuk menyembuhkan suatu penyakit secara total.

Adanya terapi gen memberikan dampak positif bagi pasien. Dimanaterapi gen ini dapat menyembuhkan segala penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, apakah metode ini memiliki dampak negatif?

Pada terapi gen, diperlukan suatu catalog untuk mengetahui urutan gen manusia pada umumnya.Untuk mengetahui gen yang bermasalah pada pasien, perlu dilakukan screening gen pada pasien dengan membandingkan gen pasien dengan katalog gen manusia pada umumnya. Terdapat beberapa isu‘etika’ dari screening gen ini yang sedangdiperdebatkan, seperti tindakan invasiprivasi seseorang, harga dari terapi gen mahal yang menyebabkan terapi gen hanya dapat dilakukan oleh orang-orang ‘kaya’,berubahnya pandangan masyarakat terhadap perbedaan,dan lain-lain. Selain itu, terdapat beberapa dampak negatif yang dilihat melalui sudut pandang teknis, yaitubahwametodeinimasihbarusehinggaperludisempurnakan.Urutan gen yang akan dikirimkan ke pasien haruslah menuju ke gen target dan tidak mengganggu gen lain. Apabila gen yang dikirim tidak menuju gen target, hal tersebut dapat menyebabkan banyak resiko pada tubuh pasien seperti terjadinya suatu penyakit serius yang belum diketahui, ataupun akan terjadinya respon dari system imun tubuh yang akan menyangka lterapi gen tersebut.



Amilla Puspaduhita
18318015
KI-2162 Biokimia/K-01

ITB




DaftarPustaka :
1.      1. https://hsci.harvard.edu/translation/what-are-drugs-4-gene-therapies. Diaksespada 28 Oktober 2019 pukul 22.43 WIB.
2.      2. https://learn.genetics.utah.edu/content/genetherapy/. Diaksespada 28 Oktober 2019 pukul 22.30 WIB.

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »