Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Penasehat : Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., MA

Dirut : Iswahyudi

Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Stevanus Eka K, SH, Nasiri, SH., MH, Ady Prayitno SH. M,kn.Musliadi SH.MH., Kiki Mintoroso SH.MH.

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH, Ahmad Zahni
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ika Agustina
Tim Liputan :

Magetan : Ika, Satria Madiun : Ika Saris P Maryono, BormantoPonorogo : Nano Sujarno, Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan, Ngawi : Ika Bormanto, Heritno S, Kediri raya : Ichwan Effendi, Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois. Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang. Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung. Demak : Abdul Rokhim, Suryantono. Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin. Semarang : Alimun. Kendal : Suroto Anto S. Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH. Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo. Padang Lawas : Bonardon Nasution. Rokan Hulu : Eko Sahputra. Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto, Jabodetabek : Saefudin Nasional :PPWI Media Group








Upaya Tingkatkan Perekonomian, Masyarakat Desa Kayen dan PAC GP Ansor Pacitan Ikuti Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak.

by : On Oktober 01, 2019

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI

Pacitan, Pewartamadiun.net - Salah satu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta perekonomi masyarakat, Karang Taruna Tunas Bakti bekerja sama dengan Kelompok Tani Sumber Urip II Dusun Nogosari Desa Kayen, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Gelar pelatihan pembuatan pakan ternak dan pupuk dengan metode Fermentasi memanfaatkan limbah sampah organik.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Madin Darul Ulum tersebut peserta selain mendapatkan pengetahuan dari Dinas Pertanian dan H. Akhmad Ikhsan seorang mantan mantri kesehatan yang berhasil dalam menjalankan teorinya hingga kini sukses, peserta diperagakan langsung cara peracikannya, mulai mencampurkan air dengan EM4, Garam, Gula, dan diaduk dengan katul yang sudah dicampur dengan sampah organik.

Seperti yang diharapkan Ketua Karang Taruna Desa Kayen Sunarto (34) dia mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut para peternak bisa meniru sehingga traf ekonomi lebih baik. Selasa (1/10/19).

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengimplementasikan dirumah atau kelompok, sehingga penghasilan para peternak tambah, karena bisa menekan biaya pakan, dan bisa mengelola hasil kotoran kambing atau sapi."ungkapnya.

Antusiasme peserta pelatihan dalam mengikuti sanagat bagus terlihat dalam proses praktek fermentasi ikut langsung memperagakan.

Disisi lain Akhmad Ikhsan Narasumber acara tersebut juga mengatakan bahwa sebagai petani dan peternak harus ditekuni karena jika dilakukan akan menjadi sumber ekonomi, ia merasa senang telah berbagi pengetahuan hasil teorinya untuk masyarakat pacitan.

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat bagus, saya senang karena teori fermentasi dapat memberikan manfaat untuk petani dan peternak."katanya.

Tak hanya kali ini saja dalam memberikan pelatihan, Akhmad Ikhsan seperti tak ada henti-hentinya di berbagai wilayah kabupaten pacitan diundang untuk menularkan metodenya fermentasi.

Seperti kali ini usai di desa kayen Akhmad Ikhsan langsung geser ke Pondok Pesantren Al. Istiqomah Ploso untuk kegiatan yang sama dengan Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pacitan serta para santri.(Rojihan)

SPACE AVAILABLE / RUANG IKLAN TERSEDIA, SILAKAN HUBUNGI REDAKSI
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »