Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

LINTAS DAERAH

NASIONAL

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Indri Ananta, SH.MH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ipung A
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Nanda Bagoes
Sby/ Bangkalan : Eko S
Sampang : Agus Winarno

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Mengejutkan, Dinkes Pacitan Baru-Baru ini Banyak Temukan Ķasus HIV AIDS Akibat Hubungan Sesama Jenis LSL.

by : On Mei 16, 2019

Wawan Kasiyanto Kepala Bidang Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan
Pacitan, Pewarta - Maraknya Kasus Human Immunodeficiency Virus, (HIV) AIDS di  Wilayah Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur. yang terkenal dengan  Kota 1001 Goa itu hingga saat ini terus bermunculan, data yang dapat dirangkum awak media melalui Kepala Bidang Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Wawan Kasiyanto Kamis. (16/5) diruangan Dinasnya. 

"2010 hingga 2019 itu ada 295 kasus, dan yang sudah meninggal ada 186 artinya lebih dari 50% meninggal, Memang kasus terbanyak 2014 (58 Kasus)." ungkapnya.

Wawan juga menerangkan yang perlu menjadi perhatian pihaknya baru-baru ini temukan terbanyak Kasus HIV AIDS diakibatkan adanya hubungan Laki-Laki Seks Laki-Laki (LSL).

"Itu adalah kelompok beresiko dan kita memang tidak tau jika disini ada kelompok LSL (Seks laki-laki dengan laki-laki) kitapun tidak tau, kenapa LSL Ini bagian yang harus kita perhatikan, karena kasus-kasus yang baru ini kita temukan terbanyak dari mereka"terangnya.

Selain itu pihaknya juga tidak yakin kasus tersebut bakal turun, dia memprediksi pada tahun 2019 ini temuan akan naik jika disetiap Puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten Pacitan. Upaya meningkatkan pencarian.

"nah pada tahun 2019 ini semoga saja ini tidak, namun keyakinan saya juga meragukan, karena kemungkinan akan naik lagi, kalau temen-temen puskesmas pada selalu untuk upaya meningkatkan pencarian"ungkapnya.

Lebih lanjut Mawan Mengatakan di tahun 2019 hingga bulan April Lalu jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya selisih 8 Kasus HIV AIDS.

"Meski ditahun 2018 ada 23 merupakan kasus terendah setelah 2014, tapi 2019 ini sampai ahir Àpril itu sudah 15 (Kasus HIV AIDS), ahirnya selisihnyakan dengan tahun 2018 cuma ada 8,  ditahun 2019 ini laki-laki 11 Orang, Perempuan 4 Orang, Umur 1-18 ( 3 orang), 19-44 (10 Orang), 45-60 ( 2 orang)."jelasnya.

Selain itu ia juga menambahkan"yang menjadi perlu perhatian memang persoalan kasus dikabupaten Pacitan, ini kan inpor jadi orang-orang yang lama bekerja diluar daerah terutama bekerja diluar jawa atau mungkin dikota-kota besar"imbuhnya.

Wilayah tertinggi Kasus HIV AIDS saat ini menurutnya sesuai data yang masuk "didaerah kota ya kalau totalnya dari tahun 2018 sampai saat ini diPuskesmas Tanjung sari Kamatan Pacitan, Ngadirojo, kalau sebelumnya dipukesmas Bubakan Kecamatan Tulakan kurun waktu 10thn terahir."terang Wawan

HIV Bisa tertular "bila melakukan kontak langsung artinya bukan hanya sebatas bersentuhan namun harus memenuhi syarat yaitu seksual, tapi yang paling beresiko adalah sek laki-laki sesama jenis."pungkasnya (rjh)

SPACE AVAILABLE
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »