Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

LINTAS DAERAH

NASIONAL

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Indri Ananta, SH.MH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ipung A
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Nanda Bagoes
Sby/ Bangkalan : Eko S

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Agus Susanto : Pemilu Syarat Mutlak Negara Demokrasi

by : On Maret 21, 2019

Pacitan, Pewarta - Suasana riuh dan gemuruh menjelang pesta kontestasi demokrasi kini semakin dekat dan kian terasa. Dengan berbagai taktik dan strategi para peserta pemilu sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari demi menghadapi pemilu 2019 yang berlandaskan luber dan jurdil yang telah diamanatkan UUD 1945. Karena pemilu merupakan suatu sarana untuk membangun proses negara yang demokrasi, yang nantinya rakyat pememegang kedaulatan teretinggi akan memberikan suatu kepercayaan pada para calon pemimpin untuk mempimpin rakyat khusunya rakyat bangsa indonesia.

Seperti yang disampaikan Tokoh masyarakat Agus Susanto S.pd.M.M. dalam pandangannya Syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam sebuah negara demokrasi yaitu dengan adannya sebuah pemilu. Maka dengan adannya pemilu harapan semua rakyat indonesia adalah dapat melahirkan pemimpin yang baik dan profesional yang dapat mambawa perubahan untuk kedepannya yang berasaskan pemilu luber dan jurdil.

Dalam sejarah indonesia telah mencatat bahwa pemilu merupakan suatu bagian dari negara yang tidak bisa terpisahkan. Karena pemilu adalah gerbang utama untuk menciptakan pemimpin, dan kita telah melaksanakannya sudah berkali-kali. Pemilu yang mempunyai intregitas tinggi dan berdemokrasi yaitu pemilu yang mengutamakan keadilan dan selalu melibatkan rakyat sebagi subjek tidak hanya objek.

Lebih Lanjut Agus Susanto menjabarkan Profesionalitas dan integritas adalah prasyarat yang harus dimiliki dari seorang penyelenggara pemilu. Karena dengan memiliki profesionalitas dan integritas yang tinggi maka akan menghasilkan pemilu yang berkualitas. 

Selain itu dari segi pengawasan juga sangat penting dalam sebuah kontestasi demokrasi. Karena dengan adannya pengawasan yang baik dan maksimal maka akan melahirkan suatu proses konsolidasi dalam berdemokrasi yang baik dan berkualitas, sehingga nantinya akan mendapatkan suatu apresiasi dan kepercayaan dari para pelaku politik baik di luar maupun di dalam negeri.

Keterlibatan rakyat dalam sebuah pesta demokrasi sangatlah penting, maka dari itu rakyat di sisi lain tidak boleh hanya di jadikan objek semata melainkan juga rakyat ikut andil dalam mengawasi proses pemilu untuk menjamin pemilu yang demokratis dan akuntabel walaupun secara hukum (Instititusional) pengawasan pemilu di pegang oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).
Pemilu Di Mata Rakyat.

Pesta demokrasi kian semakin dekat, jaminan dari segi kualitas dan profesionalitas penyelenggara diharapkan harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Karena dari segi jumlah pemilih akan lebih banyak dan persaingan akan lebih menguat. Maka dari itu, ini adalah tugas penting yang harus diperbaiki dan selalu dievaluasi di setiap kedepanya, agar seluruh elemen baik itu dari penyelenggara maupun masyarakat dapat menjamin pemilu yang yang mempunyai kualitas yang tinggi dan menjadi cerminan bagi negara demokrasi.

Pemilu dikatakan berkualitas adalah pemilu yang pengawasan dilakukan dengan baik. Karena dengan  pengawasan yang maksimal maka suara rakyat yang disampaikan dalam penyelenggaraan pemilu akan minim disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Jumat (22/03/2019).

Jika menengok kebelakang pasti ada suatu hal kejadian yang tidak sesuai dengan peraturan dalam proses pesta demokrasi, maka kejadian itulah yang mendorong spirit rakyat untuk sama-sama mengawasi pemilu. Karena pengawasan ini tidak hanya  bertujuan untuk kepentingan jangka pendek melainkan untuk kepentingan jangka panjang negara indonesia. Gerakan inilah yang nantinya dapat memberikan kontribusi yang maksimal dan menjadi acuan untuk kedepannya agar pesta demokrasi tidak hanya pesta demokrasi semata, melainkan pesta demokrasi yang dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang dapat membangun indonesia lebih maju. 

Dengan adanya pengawasan pemilu dari rakyat, diharapkan nantinya akan minim kecurangan dalam penghitungan dan rekapitulasi suara. Sehingga negara tinggal bagaimana menunngu dan  menindaklanjuti apa yang didapat dari informasi dan laporan hasil pengawasan rakyat, selain itu negara juga berperan dalalm hal penegakan hukum bagi yang melanggar.

Keterlibatan masyarakat dalam proses pengawasan semakin nampak dan semakin kompak. Pasalnya sekarang dapat dilihat mulai munculnya gerakan-gerakan rakyat yang siap untuk menjadi relawan demokrasi. 

Gerakan relawan pemilu, gerakan pengawas pemilu maupun gerakan yang lain merupakan sebuah bukti bahwa rakyat sekarang sangat bergairah dalam berpartisipasi untuk pemilu, yang diharapkan dapat menciptakan pemilu yang demokratis dan akuntabel.(rjh)

SPACE AVAILABLE
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »