Diberdayakan oleh Blogger.

$hide=mobile

close
close
Iklan Pemilu 2019 Jujur dan Adil Kebas Kecurangan

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Indri Ananta, SH.MH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ipung A
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Nanda Bagoes
Sby/ Bangkalan : Eko S

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Satu Tahun #Edukasi Cerdaskan Rakyat

by : On Desember 08, 2018

Oleh : Juniardi*
(Pimpinan Umum/Redaksi Sinarlampung.com)
Media lahir merujuk pada kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama. Lalu dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik (mukadimah kode etik jurnalistik).

Milinieal, kata anak jaman Now, seiring dengan tumbuh subur media siber (online), dalam menyajikan berita media online. “Istilah Kami Media digital”. Sinarlampung.com, adalah satu dari 43 ribu Media Online di Indonesia (versi Dewan Pers), yang lahir di Bumi Ruwa Jurai (Lampung,red) atau daerah yang dikenal dengan Gerbang Sumatera, dan dekat dengan ibukota. Sinarlampung tentu menyiratkan satu hal utama, yaitu peristiwa dan apa yang berkembang didaerah dan diibukota agar lebih cepat beradaptasi.
Media Siber Sinarlampung.com, mendekatkan laporan-laporan yang tercipta dari pelbagai informasi dan peristiwa, senantiasa berpacu dengan kecepatan waktu dan nir-batas teritori. Sajian kedalaman fakta, keakurasian data, keberimbangan informasi, dan ingin paling unggul dari sisi penyajian seolah mustahil dihadirkan serempak sebagai ciri utama media pencerdasan sekaligus permenungan.

Tagar Edukasi Cerdaskan Rakyat, sebuah tanggung jawab besar, sebuah komitmen media untuk dari anak bangsa untuk negara. Kehadiran sinarlampung.com, tidak hanya sebagai portal berita online dengan keakurasian dan keberimbangan informasi, disampaikan secara baik, serta siaga pada kecepatan informasi (untuk tidak sekadar serba ringkas dan menuai jumlah klik), tetapi juga sebagai tempat persemaian gagasan dan pengalaman dari siapa saja mengenai beragam dimensi kehidupan, yaitu sosial, budaya, agama, pendidikan, ekonomi, hukum, dan politik.

Sinarlampung ingin berkomitmen dengan memberikan tempat bagi pikiran-pikiran kritis, analitik, reflektif, dan mengangkat pelbagai peristiwa pinggiran, yang luput dari tren publikasi arus-utama, sehingga dapat diakses oleh masyarakat secara cepat dan tepat. Di situlah, nama Sinarlampung kami pilih. Dengan harapan “Lampung” dapat bersinar dalam makna alternatif, yaitu membawa kabar berita sekaligus membangun gagasan atau pemikiran yang senantiasa mencerahkan dan berlian yang selalu bersinar.

Meski belumlah ideal, kerja-kerja jurnalistik sinarlampung terus berjalan. Idealisme tanpa henti dipupuk agar senantiasa tumbuh dan berkembang. Tak terasa usaha mewujudkan gagasan itu mencapai satu tahun pada Desember 2018. Sebuah kesempatan untuk merefleksikan kehadiran dalam semesta sejarah.

Sinarlampung dalam satu tahun, memiliki pembaca setia dan menunjukkan angka pengunjung yang tidak boleh dianggap remeh, dari waktu ke waktu terus bertambah. Pembaca secara wilayah tersebar di seantero Nusantara, dan beberapa dari luar negeri. Jumlah penulis masih terbatas dan tentu akan terus bertambah. Sinarlampung selalu berharap kehadirannya dapat memberi manfaat. Trimakasih kerja krue, teman teman wartawan biro yang penuh semangat. Perjalanan baru dimulai. (juniardi)

SPACE AVAILABLE
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »