Diberdayakan oleh Blogger.

$hide=mobile

close
close
Iklan Pemilu 2019 Jujur dan Adil Kebas Kecurangan

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Indri Ananta, SH.MH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ipung A
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Nanda Bagoes
Sby/ Bangkalan : Eko S

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Gandeng Astra, SMKN 1 Sine Siap Cetak Siswa Kerja

by : On Desember 11, 2018

Ngawi, Pewarta - Tingginya angka pengangguran terbuka pada lulusan sekolah menengah atas dan sederajat membuat pemerintah semakin gencar menyuarakan program pendidikan vokasi bagi SMK.

Tujuannya, mempersiapkan siswa memiliki ketrampilan sesuai standar industri. Sehingga diharapkan ketika sudah lulus, siswa sudah siap bekerja atau berwirausaha. 

Masalah tersebut disikapi serius oleh SMKN 1 Sine, Ngawi. Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, khususnya jurusan Teknik Sepeda Motor, sekolah ini menggandeng PT Astra Honda Motor (AHM) untuk bekerja sama yang meliputi kerjasama dalam bidang kurikulum, tempat praktek, dan kesempatan bekerja di Honda.  

Penyerahan satu unit sepeda motor Honda Beat yang akan digunakan untuk praktek kepada SMKN 1 Sine 
"Kerjasama ini ditandai dengan dibentuknya kelas Honda pada Program keahlian dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, pada 10 November 2018. Kerjasama ini juga sebagai Implementasi program link & match dunia pendidikan dan dunia industri," kata Kepala SMKN 1 Sine J.H Budi Santosa, S.Pd, M.Pd. 

Untuk mempraktekkan pengetahuan dan ketrampilan siswa, lanjut Budi, maka SMKN 1 Sine menyediakan tempat praktek yang kondisinya dibuat sedemikian rupa seperti bengkel resmi Honda AHASS.

Budi mengaku tempat praktek yang sangat mirip bengkel resmi AHASS tersebut merupakan hasil dari beberapa kali diskusi yang membahas serta mensinkronkan antara kurikulum SMK dengan modul pelatihan Honda.

"Hingga jadilah bengkel yang mirip persis seperti bengkel resmi AHASS, baik dari sisi desainnya, peralatannya, bikeliftnya, itu semua sama. Tujuannya supaya siswa terbiasa, dan ketika nanti saat mereka bekerja di Astra atau AHASS, mereka sudah tidak canggung," jelas Budi. 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan 10 November lalu. Disaksikan perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Samsul Hadi serta perwakilan wali murid.

Samsul membenarkan kurikulum 2010 telah mensyaratkan SMK untuk kerjasama dengan industri. Tujuannya, menciptakan lulusan siap pakai dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

"Saya senang dan bersyukur SMKN 1 Sine sudah memulainya, dan kepada orang tua siswa agar ikut memotivasi dan mengawasi pendidikan anaknya di rumah," kata Samsul.

Pada penandatanganan nota kesepahaman tersebut, SHEP Manager PT Astra Honda Motor, Gunardi, juga menyerahkan bantun pada SMKN 1 Sine berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat untuk sarana praktek di sekolah, satu set peralatan, serta modul pelatihan.

"Selamat datang dan selamat bergabung SMKN 1 Sine dalam keluarga besar Sekolah Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra  Honda. Harapan kami, MoU ini tak berhenti pada seremonial saja, karena tantangan dan  PR yang lebih banyak sudah menanti kita,' kata Gunardi.

Menurutnya, hal-hal yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah memperbanyak guru guru yang kompeten. Karena guru merupakan ujung tombak untuk menciptakan lulusan yang benar-benar kompeten. Disamping itu, juga perlu mengadakan peralatan yang standar serta menyiapkan fasilitas sesuai dengan yang ada di industri.

"Agar gap (kesenjangan) antara industri dan dunia pendidikan itu pelan-pelan bisa ditutupi, bisa sambung, link dan matchnya jelas," ungkapnya. 

Astra Honda juga memberi pelatihan secara berkala kepada guru dan siswa untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan. Dilaksanakan di Mitra Pinasthika Mulia (MPM), salah satu agen resmi Astra Honda di Surabaya.

"Pelatihan dimulai bulan Desember, mengikuti kurikulum Astra Honda," imbuh Gunardi.

Di luar soal teknis, Gunardi juga meminta SMKN 1 Sine memperhatikan dan memberi teladan siswa agar menjadi lulusan SMK yang tangguh dan unggul. Dia berharap para guru menyentuh soft skill siswa seperti kedisiplinan, karakter sportif, dan lain lain.

"Itu dibutuhkan peserta didik supaya nanti bisa mempunyai daya saing yang lebih baik lagi saat terjun ke masyarakat," pungkasnya. (ant/red)

SPACE AVAILABLE
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »