Diberdayakan oleh Blogger.

AIR MINUM KEMASAN

LINTAS DAERAH

NASIONAL

Redaksi

PT. SMS
SAMUDRA MUTIARA SATRIA

AHU-0171968. AH. 01.11.2018

Dirut : Iswahyudi
Penasehat Hukum : Letkol CPM (Purn) Iwayan Sudama, S.H. MH, Indri Ananta, SH.MH

Pimpred : Iswahyudi ( Satria)
Dewan Redaksi : Stevanus Eka Kristiawan, SH
Redaktur : Bormanto
Desain Layout : Dedy S
Bendahara : Yudha Pratama
Marketing : Ipung A
Tim Liputan :
Pacitan : Rojihan, Septian Dwi C
Ponorogo : Nano Sujarno
Madiun : Saris Diding P, Bormanto
Ngawi : Bormanto, Heritno Satriadi
Magetan : Nanda Bagoes
Sby/ Bangkalan : Eko S

Nasional PPWI media group, PPWI Media Network
Media Patner : infomadiunraya.com, teropongnusa.com, lintasatjeh,com pewarta-indonesia.com, indonesiamediacenter.com, kabarsbi.com, kabarxxxi.com




Banjir Terjang Pacitan, Empat Orang Dilaporkan Hilang

by : On Desember 07, 2018

Pacitan, Pewarta - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada Jumat (7/12/2018) malam, mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat sejumlah permukiman di wilayah Kecamatan Kebonagung dan Pacitan terdampak.

Satu rumah di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung masih tertutup material longsor hingga Sabtu pagi, 8 Desember 2018. Satu keluarga yang terdiri dari empat orang dilaporkan tertimbun dan belum diketahui kondisinya.

“Sampai sekarang masih proses evakuasi. Saya belum berani menginformasikan kondisinya,’’ kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati saat dihubungi Jum'at malam.

Menurut dia, wilayah lain yang terdampak bencana berada di Kecamatan Kebonagung, di antaranya Desa Kebonagung, Klesem, dan Purwoasri.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Pacitan, banjir juga menggenangi sebagian rumah warga di Desa Banjarejo, Kayen, Sukoharjo, dan Sirnoboyo. Sejumlah warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman dengan menggunakan perahu karet.

“Prioritas penanganan adalah warga yang rentan yaitu balita dan manula (manusia lanjut usia),’’ ujar Dianita.

Selain itu, lanjutnya, lumpur dan batu masih menutup jalan lintas selatan (JLS) yang menghubungkan Pacitan dengan Trenggalek.

Proses pembersihan menjadi prioritas. Sejumlah pihak telah terjun ke lokasi bencana, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional di Pacitan.

Pihak lain seperti Basarnas Trenggalek, Dinas Sosial Pacitan, dan BPBD Pacitan mulai mendirikan dapur umum. Sejumlah logistik telah didistribusikan kepada warga yang terdampak banjir dan tanah longsor.

“Semua pihak sudah ikut berpartisipasi (menangani banjir dan tanah longsor). Kami sigap karena pengalaman pada kejadian kemarin (tanah longsor dan banjir besar pada November 2017),’’ jelas Dianita.

Eka Kuncara, salah seorang warga Desa Sukoharjo mengatakan, banjir yang terjadi di desanya akibat jebolnya tanggul Kali Jelok di Dusun Jarum desa setempat. Hingga akhirnya, air dengan debit tinggi keluar dari sungai dan masuk ke permukiman warga.


Infrastruktur itu sebelumnya telah diperbaiki pasca banjir besar yang terjadi pada 2017 lalu. “Jebol lagi,’’ ujarnya. (N-dian/ant/red

SPACE AVAILABLE
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »